Minggu, 28 Maret 2010

Memelihara Lisan



Mewaspadai Lisan

الحمد لله الذى لا شريك له فى الإلهيه. الصمد الذى يَقْصُدُهُ بالمَـسْأَلَةِ جميعُ البريـة. الواحد الأحد المنـزﱠه عن الكَمِيَة الحيِّ القـيومِ على الأبـدية الأوﱠل الآخرِ من غير بدايةٍ فى الأولـية. أشهد ان لا إله الا الله وحده لا شريك له. شهادةً تَجمع صِدْقَ القولِ و صِحَةَ النـية. و أشهد ان سيدنا محمدا عبده و رسوله المبعوث لإزهاق الباطل أديان الجاهلية. اللهم فصل و سلم على سيدنا محمدن النبي الكريم و الرسول المبارك العظيم و على آله و أصحابه أفضل صلاة و أكمل تحية، اما بعد: فيا عباد الله أوصيكم وإياي بتقوى الله فقد فاز المتقون.

Jama’ah Jum’at yang mulia.

Sebagaimana kita ketahui, Jum’at merupakan salah hari yang dimuliakan dan dibesarkan Allah dan Rasul-Nya, bahkan menjadi hari besarnya kaum muslimin dalam setiap pekannya, dalam sebuah sabdanya Rasulullah SAW mengatakan:
خير يوم تطلع فيه الشمس يوم الجمعة خُلق فيه آدم وأدخل الجنة وأخرج منها ولاتكون الساعة الا يوم الجمعة.
Dalam sebuah hadits Rasulullah SAW bersabda:
من كان يؤمن بالله واليوم الآخر فاليقل خيرا أو ليسكت
Sementara itu dalam sebuah maqalah disebutkan: سلامة الإنسان فى حفظ اللسان
Lisan, bentuknya memang relatif kecil bila dibandingkan dengan anggota tubuh yang lain, namun ternyata memiliki peran yang sangat besar bagi kehidupan manusia. Celaka dan bahagia ternyata tak lepas dari bagaimana manusia memanajemen lidahnya. Bila lidah tak terkendali, dibiarkan berucap sekehendaknya, alamat kesengsaraan akan segera menjelang. Sebaliknya bila ia terkelola dengan baik , hemat dalam berkata, dan memilih perkataan yang baik-baik, maka sebuah alamat akan datangnya banyak kebaikan..
Di saat kita hendak berkata-kata, tentunya kita harus berpikir untuk memilihkan hal-hal yang baik untuk lidah kita. Bila sulit mendapat kata yang indah dan tepat maka ahsan (mendingan) diam. Inilah realisasi dari sabda Rasulullah sholallohu alaihi wasalam.
من كان يؤمن بالله واليوم الآخر فاليقل خيرا أو ليسكت
"Barangsiapa yang beriman kepada Allah dan hari akhir maka hendaknya ia berkata yang baik atau diam ( HR Muslim )
di samping itu kita pun harus paham betul manakah lahan-medan kejelekan sehingga lidah kita tidak keliru memijaknya. Kita harus tahu apakah sebuah hal termasuk dalam bagian dosa bagi lidah kita atau tidak? Bila kita telah tahu , tentunya kita bersegera untuk meninggalkannya.
Diantara medan-medan dosa bagi lidah kita antara lain..
 Ghibah
Ghibah bila didefinisikan maka seperti yang diungkapkan oleh Rasulullah sholallohu alaihi wasalam
"Engkau menyebutkan tentang saudaramu, dengan apa-apa yang dia benci" terus bagaimana jika yang kita bicarakan tersebut memang benar-benar ada pada saudara kita? "Jika memang ada padanya apa yang engkau katakan maka engkau telah meng-ghibahinya, dan bila tidak ada padanya maka engkau telah berdusta" (HR. Muslim)
Di dalam Al quran , Allah ta'ala menggambarkan orang yang meng-ghibahi saudaranya seperti orang yang memakan bangkai saudaranya:
يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا اجْتَنِبُوا كَثِيراً مِّنَ الظَّنِّ إِنَّ بَعْضَ الظَّنِّ إِثْمٌ وَلَا تَجَسَّسُوا وَلَا يَغْتَب بَّعْضُكُم بَعْضاً أَيُحِبُّ أَحَدُكُمْ أَن يَأْكُلَ لَحْمَ أَخِيهِ مَيْتاً فَكَرِهْتُمُوهُ وَاتَّقُوا اللَّهَ إِنَّ اللَّهَ تَوَّابٌ رَّحِيمٌ ﴿١٢﴾
Hai orang-orang yang beriman, jauhilah kebanyakan dari prasangka, sesungguhnya sebagian prasangka itu adalah dosa dan janganlah kamu mencari-cari kesalahan orang lain dan janganlah sebahagian kamu menggunjing sebahagian yang lain. Sukakah salah seorang di antara kamu memakan daging saudaranya yang sudah mati? Maka tentulah kamu merasa jijik kepadanya. Dan bertakwalah kepada Allah. Sesungguhnya Allah Maha Penerima taubat lagi Maha Penyayang. ( Al Hujurat 12)
Tentu sangat menjijikkan makan daging bangkai , semakin menjijkkan lagi apabila yang dimakan adalah daging bangkai manusia , apalagi saudara kita sendiri. Demikianlah ghibah, ia pun sangat menjijkkan sehingga sudah sepantasnya untuk dijauhi dan dan ditinggalkan.
Lebih ngeri bila berbicara tentang ghibah, apabila kita mengetahui balasan yang akan diterima pelakunya. Seperti dikisahkan oleh Rasulullah sholallohu alaihi wasalam di malam mi'rajnya. Beliau menyaksikan suatu kaum yang berkuku tembaga mencakar wajah dan dada mereka sendiri. Rasul pun bertanya tentang keberadaan mereka, maka dijawab bahwa mereka lah orang-orang yang ghibah melanggar kehormatan orang lain.
• Namimah
Kalau diartikan ia bermakna memindahkan perkataan dari satu kaum kepada kaum yang lain untuk merusak keduanya. Ringkasnya "adu domba". Sehingga Allah mengkisahkan tentang mereka dalam Al-Qur'an. Mereka yang berjalan dengan namimah , menghasut, dan mengumpat. Di sekitar kita orang yang punya profesi sebagai tukang namimah sangat banyak bergentayangan, dan lebih sering di kenal sebagai provokator-kejelekan. Namimah bukan hal yang kecil , bahkan para ulama mengkatagorikannya di dalam dosa besar . Ancaman Rasulullah bagi tukang namimah : لا يدخل الجنة نمام
" tidak akan masuk surga orang yang mengadu domba (HR Bukhari)

akibat ghibah ini sangat besar sekali, dengannya terkoyak persahabatan saudara karib dan melepaskan ikatan yang telah dikokohkan oleh Allah. Ia pun mengakibatkan kerusakan di muka bumi serta menimbulkan permusuhan dan kebencian.
• Dusta
Dusta adalah menyelisihi kenyataan atau realita. Dusta bukanlah akhlaq orang yang beriman, bahkan ia melekat pada kepribadian orang munafiq
"Tiga ciri orang munafik, apabila berkata berdusta, apabila berjanji mengingkari dan apabila dipercaya berkhianat (HR Bukhari dan Muslim)
padahal orang munafik balasannya sangat mengerikan "di bawah kerak api neraka" Dusta pun mengantarkan pelakunya kepada kejelekan "Sungguh kedustaan menunjukkan kepada kejelekan dan kejelekan mengantarkan kepada neraka.

Sebagai akhir dari khutbah ini mari kita pelihara seluruh indra yang kita miliki dari segala macam kegiatan yang dapat menimbulkan dosa, terutama memelihara lisan kita. Dengan memelihara lisan, insya Allah akan tercipta keselamatan buat diri dan keluarga serta kedamaian dan ketentraman di masyarakat, amin.
وَمَا مُحَمَّدٌ إِلاَّ رَسُولٌ قَدْ خَلَتْ مِن قَبْلِهِ الرُّسُلُ أَفَإِن مَّاتَ أَوْ قُتِلَ انقَلَبْتُمْ عَلَى أَعْقَابِكُمْ وَمَن يَنقَلِبْ عَلَىَ عَقِبَيْهِ فَلَن يَضُرَّ اللّهَ شَيْئاً وَسَيَجْزِي اللّهُ الشَّاكِرِينَ ﴿١٤٤﴾
بارك الله و لكم فى القرآن الكريم و نفعنى و إيكم بما فيه من الآيات و الذكر الحكيم و تقبل الله منى و منكم تلاوته إنه هو السميع العليم. أقول قولى هذا و أستغفر الله العظيم لى و لكم و لسائر المؤمنين و المؤمنات و المسلمين و المسلمات فاستغفروه إنه هو الغفور الرحيم.

الحمد لله الذى نحمده و نستعينه و نستغفره و نعوذ بالله من شرور أنفسنا و سيئات أعمالنا من يهدى الله فلا مضل له و من يضلله فلا هادي له. أشهد ان لا اله الا الله وحده لا شريك له. و اشهد ان سيدنا و محمد عبده و رسوله لا نبي بعده. اللهم صل و سلم على سبدنا محمد و على آله و اصحابه و من تبعه و نصره و والاه لا حول و لا قوّة ألا بالله، اما بعد: فيا عباد الله أوصيكم و إياي بتقوى الله و طاعته لعلكم تفلحون. أيها المؤمنون، إتقوا الله فيما أمر و انتهوا عما نهى عنه و حذّر و اعلموا أن الله تبارك و تعالى أمركم بأمر بدء فيه بنفسه و ثنى بملآئكته المسبحة بقدسه و قال تعالى و لم يزل قائلا عليما "إن الله و ملآئكته يصلون على النبى ياآيها الذين آمنوا صلوا عليه و سلموا تسليما". اللهم صل و سلم على سيدنا محمد وارض اللهم على أربعة الخلفآء الراشدين و على ستة الباقين رضي الله عنهم أجمعين و على التابعين وتابع التابعين ومن تبعهم بإحسان إلى يوم الدين وعلينا معهم برحمتك يا أرحم الراحمين. اللهم أعزّ الإسلام والمسلمين وأعل كليمتك إلى يوم الدين. اللهم ادفع عنّ الغلاء والبلاء الفخشاء والمنكر والسيوف المختلفة والسدائد والمحن والفتن ما ظهر منها و ما بطن من بلدنا هذا خاصة ومن بلدان المسلمين عامة. اللهم اغفر للمسلمين والمسلمات والمؤمنين والمؤمنات الأحياء منهم والأموات. ربنا آتنا فى الدنيا حسنة وفى الآخرة حسنة و قنا عذاب النار والحمد لله رب العالمين. عباد الله إن الله يأمر بالعدل والإحسان وإيتإ ذى القربى وينهى عن بالفخشآء و المنكر والبغى يعظكم لعلكم تذكرون فاذكروا الله يذكركم واشكروا على نعمه يزدكم ولذكر الله أكبر والله يعلم ما تصنعون.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar